Senin, 03 Mei 2010

Tugas MPTP-3

Judul : Pengenalan Pembicara dengan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation
Penulis : Baskoro Oktianto ( G06499043)
URL : http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/2266


Latar Belakang pembuatan skripsi ini untuk mengenali identitas pembicara. Masalah dalam pengenalan pembicara terbagi menjadi dua bagian, yaitu identifikasi pembicara (menentukan identitas pembicara) dan verifikasi pembicara (melakukan verifikasi identitas yang diklaim oleh pembicara). Dengan menggunakan Jaringan Syaraf Truan, dapat mengenali pola-pola suara pembicara yang dapat menyelesaikan masalah nonalgorithmic. Pengenalan pembicara termasuk masalah Nonalgorithmic.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan JST backpropagation. Dalam pemrosesan suara menggunakan JST, sebelumnya data suara diproses dengan proses-proses sinyal digital melalui suatu proses feature extraction ditambah dengan proses feature selection. Feature extraction dilakukan dengan analisis cepstral dan feature selection dilakukan dengan principal component analysis. Hasil dari JST selanjutnya diolah oleh model pembuatan keputusan. Model keputusan dalam sistem identifikasi akan menentukan identitas pembicara dan dalam sistem verifikasi akan menerima atau menolak klaim yang diajukan oleh pembicara.
Hasil dari penelitian ini, mampu mengidentifikasi dengan tingkat generalisasi tertinggi sebesar 92,3077% dan melakukan verifikasi dengan nilai equal error rate sebesar 6,5657%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar