Jumat, 30 April 2010

Tugas MPTP-2

Judul : Sistem Penjadwalan Perkuliahan Menggunakan Algoritma Genetika
Penulis : Gibbon Mardame Parsaoran Tamba ( G06499022)
URL : http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/2230


Latar belakang dilakukannya penelitian ini merupakan salah satu tipe dari masalah pengalokasian sumber daya yang ada pada suatu slot waktu yang tersedia untuk merancang suatu sistem penjadwalan perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menerapkan algoritma genetika pada sistem penjadwalan perkuliahan.
Percobaan yang dilakukan dalam penelitian ini ada 3, yaitu pengujian pengaruh perubahan nilai dari parameter operator algoritma genetika (crossover, mutasi dan propagasi) dengan metode evolusi 3-tournament based selection, pengujian pengaruh perbedaan hasil penjadwalan pada jumlah dan iterasi populasi, dan pengujian pengaruh perbedaan metode inisialisasi terhadap hasil dan durasi proses penjadwalan perkuliahan.
Dengan menggunakan GA, mempengaruhi dalam mendapatkan hasil penjadwalan tercepat dan optimal. Hal ini disebabkan pada jumlah populasi yang semakin besar, keragaman dalam satu populasi bertambah besar dalam mencapai solusi optimum. Metode inisialisasi yang berbeda tidak mempengaruhi hasil penjadwalan (baik dari sisi waktu maupun jumlah constraint yang dilanggar) secara signifikan pada jumlah populasi dan iterasi yang kecil, tapi akan tampak jelas pada jumlah populasi dan iterasi yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar