Rabu, 05 Mei 2010

Tugas MPTP-7

Judul : Klasifikasi Jamur ke dalam Kelas Dapat Dikonsumsi atau Beracun Menggunakan Algoritma VFI5 (Studi kasus : famili Agaricus dan Lepiota).
Penulis : Bayu Mahardhika Putra ( G64104045)
URL : http://hdl.handle.net/123456789/12323


Latar belakang penelitian ini untuk mengklasifikasikan jamur yang beracun dan jamur yang dapat dikonsumsi. Salah satu jenis jamur yang banyak dikonsumsi adalah family Agaricus dan Lepiota. Hal yang dapat membedakan jamur yang dapat dikonsumsi atau tidak berdasarkan pada bentuk, sifat, dan keadaannya.
Pada penelitian ini menggunakan metode voting feature intervals (VFI5). Data yang digunakan berupa kumpulan data jamur yang diambil dari UCI repository of machine learning database. Setiap jamur menggambarkan 22 kumpulan bentuk (atribut) yang berbeda. Hal ini memungkinkan untuk mendeskripsikan spesies dari jamur ini berdasarkan 22 fitur yang berbeda.
Hasil dari penelitin ini, mempunyai akurasi klasifikasi yang cukup tinggi pada tahap pengujian. Pada pengujian tahap pertama, dihasilkan nilai akurasi tertinggi sebesar 87.70% dengan menggunakan 22 fitur pada data jamur. Pada pengujian tahap kedua dihasilkan nilai akurasi sebesar 94.85% dengan menggunakan 9 fitur yang merupakan ciri khas dari kelas jamur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar