Rabu, 05 Mei 2010

Tugas MPTP-6

Judul : Analisis Pola Kunjungan Pengguna Situs Web IPB Menggunakan Algoritma Totally Fuzzy.
Penulis : Ayudya Paramita ( G64104069)
URL : http://iirc.ipb.ac.id/jspui/handle/123456789/11535


Pembuatan penelitian ini untuk mengetahui pola sekuensial terhadap sebuah situs. Pola sekuensial adalah penggambaran pola pengaksesan pengguna terhadap sebuah situs. Pola sekuansial mengindikasikan bahwa transakasi biasanya terjadi secara sekuensial terhadap waktu. Untuk mengetahui trends pengguna situs web terkait pola pengaksesannya, dapat diguanakn metode web mining. Salah satu teknik web mining yang dapat digunakan untuk mengetahui pola sekuensial yaitu Totally Fuzzy. Data numerik diubah menjadi bentuk data fuzzy menggunakan teknik Fuzzy C-Means yang menerapkan konsep ketidakmiripan dalam mengelompokkan suatu objek. Informasi tersebut dapat digunakan oleh web master sebagai dasar untuk perancangan ulang disain sebuah situs web, baik tatanan antarmuka maupun isi.
Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data log akses situs web IPB (www.ipb.ac.id) pada periode 5 Januari sampai dengan 18 Juni 2007. Data dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu pengguna internal dan pengguna eksternal. Dalam hal ini digunakan alamat IP dari server proxy untuk mengasumsikan bahwa seorang pengguna termasuk ke dalam kelompok pengguna internal atau eksternal. Pada penelitian ini digunakan nilai ambang batas (threshold) dari 0,1 hingga 0,6 dengan peningkatan sebesar 0,05 dan nilai minimum support sebesar 3% hingga 56% untuk data pengguna internal serta 14% hingga 65% untuk data pengguna eksternal.
Dari percobaan ini, menghasilkan suatu kesimpulan bahwa dengan nilai minimum support sebesar 10 %, terdapat delapan halaman yang sering diakses oleh pengguna internal IPB, yaitu halaman home, ipb-bhmn, ipb-bhmn/akademik, ipb-bhmn/others, ipb-bhmn/ipbphoto, id, id/uploaded pictures, dan ipb-bhmn/gallery. Dengan nilai minimum support yang sama yaitu 10%, terdapat tujuh halaman yang sering diakses oleh pengguna eksternal IPB, yaitu halaman home, ipb-bhmn, ipbbhmn/ direktori, ipb-bhmn/akademik, ip-bhmn/others, ipb-bhmn/ipbphoto dan id.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar